Senin, 24 Januari 2022

How To be The First One in Writing Blog

 How To be The F1



Resume ke-4

Pertemuan yang keempat ini dipandu oleh moderator ibu Widya Setianingsih dan narasumber kali ini adalah ibu Maesaroh, M.Pd dengan materinya How To be The F1. 

Nah, bagaimana caranya?

Untuk menjadi F1 itu luar biasa. Sungguh sangat luar biasa kerena bisa menyelesaikan tulisan atau resume dalam waktu singkat, cepat, namun bernas tentunya. Kalau istilah saya kerennn.  

Sejujurnya keinginan berada di posisi pertama tentu saja sangat ingin, hanya saja memang belum bisa mengalahkan teman-teman yang super cepat dan pada akhirnya saya selalu berada di urutan paling bawah. Namun, bagi saya sudah bisa menulis dan mengumpulkan resume sudah Alhamdulillah. Itu artinya saya sudah ada kemajuan dan yang terpenting bagi saya yaitu sudah bisa menang melawan diri sendiri dari rasa malas. 

Baik, langsung saja ke materi. Ah, tidak sabaran.

Pada pertemuan kali ini ibu Maesaroh M.Pd memaparkan bagaimana trik agar bisa berada di posisi pertama.

Trik Cepat menulis resume

Agar bisa menulis dengan cepat ternyata tidak cukup meggunakan satu alat gawai saja, gunakanlah 2 alat gawai.

1. Telepon : 

     Telepon digunakan untuk menyimak materi.

2. Laptop :

     Gunakan laptop yang terhubung WAB untuk mengetik. Untuk apa? Tujuannya agar setelah tulisan selesai diketik, bisa langsung dikirim.

Selain bisa menulis dengan cepat, tentu saja tulisan kita harus bagus, benar, bernas, dan kalau bisa dibuat semenarik mungkin. Dalam hal ini ibu Maesaroh memaparkan bagaimana cara menulis resume dengan benar.

Cara Menulis Resume dengan Benar 

1. Amati materi dari Narasumber dengan baik.

2. Modifikasi materi yang diberikan Narasumber. menjadi bahasa sendiri dengan kaidah penulisan yang baku.

3. Hindari copy paste seluruh materi Narasumber.

4. Kembangkan materi yang disampaikan Narasumber dengan relevansi materi dari luar yang related. 

5. Berikan kesimpulan di akhir penjabaran resume atau tepatnya sebelum kalimat penutup.

6. Yang terpenting dalam meresume adalah membuatnya dengan gaya bahasa sendiri, agar tulisan kita memiliki seni yang khas. 


Set Our Mind

Selanjutnya Set Our Mind. Ya, karena kekuatan pikiran itu memang sangatlah berpengaruh. Mungkin inilah sebabnya resume saya selalu berada di urutan paling bawah karena saya menset pikiran saya tidak mesti merada di urutan pertama, ya bagi saya yang penting bisa menulis, ya sudah okay. Well, setelah materi ini semoga bisa meroket ke F1. Okay, lest reset our mind! Yes, you can do it.


* Posisikan Resume Anda di urutan pertama 

Dengan memposisikan resume kita di urutan yang pertama, itu bisa lebih banyak menarik minat pengunjung.

* Berikan Karakter Pada Resume Anda

Karakter itu penting, agar tulisan lebih menanrik, tulislah dengan menggunakan bahasa sendiri, apa adanya. Kalau kata saya tulislah dengan jujur apa adanya kamu. hehehe…

* Tambahkan Referensi lain yang berkaitan dengan materi 

Menambahkan referensi dari sumber lain itu bisa menambah poin dari tulisan kita sehingga menjadi semakin menarik untuk dibaca.

* Meramu tulisan dengan bahasa yang khas 

Menambahkan tulisan dengan bahasa yang khas. Kembali lagi tulislah dengan gayamu sendiri, apa adanya kamu.

Ternyata masih ada trik lanjutannya agar bisa menulis dengan cepat.

1. Duduk 10 menit sebelum kuliah dimulai 

2. Tulis narasi pembuka yang related to materi yang diberikan narasumber dan tulis narasi penutup yang memberikan kesimpulan dari pemaparan materi.  

3.Tulis resume dengan paragraf pendek-pendek 

4. Tulis pernyataan narasumber dengan gaya  bahasa paralelisme

Apa keuntungan bisa menulis cepat?

Kentungan jika resume kita selalu berada di urutan pertama, selain blog kita ramai dikunjungi, ternyata salah satunya juga bisa selalu mendapatkan hadiah kejutan berupa buku yang didapatkan dengan gratisan. Nah, kalau yang ini saya sangat tertarik, mendapatkan buku. Wah, kalau saya dapat hadiah buku pasti sangat senang karena bagi saya buku itu adalah hadiah terindah. Ciela.

Selanjutnya pesan narasumber Be Confident Writing in Blog.

√ Harus percaya diri

Agar percaya diri dengan tulisan sendiri, maka jangan silau melihat tulisan orang lain bagus. Jadilah diri sendiri dalam menulis. 

Kalau saya sendiri, pantang bagi saya melihat tulisan orang lain sebelum meng-upload tulisan saya. Ya, takutnya minder deluan sebelum mengirim, lantas pada akhirnya tidak jadi meng-upload tulisan. Setelah meng-upload tulisan, baru deh jalan-jalan ke blog tetangga.

√ Harus siap dengan kritikan

Kalau mau tulisan bagus maka harus siap dengan kritikan. Jadikan kritikan sebagai bahan untuk belajar, maka dari itu siapkan mental. Jangan sampai down.

√ Jadilah penulis blog yang Informatif nan Edukatif 

Tulisan yang baik tentunya, tulisan yang memberi manfaat. Maka dari itu tulislah sesuatu yang memberikan informasi serta edukatif.

√ Bangunlah Tulisan diberbagai Blog 

Buatlah blog lebih dari satu agar pembaca tidak merasa bosan dengan tulisan yang kita suguhkan. 

Wah, Alhamdulillah blog saya sudah dua, tapi sayangnya blog yang satu belum ada isinya dan rencana saya akan mengisinya dengan tulisan fiksi dan khusus blog ini saya jadikan blog untuk menampung tulisan non fiksi saya.

Setelah pemaparan materi ini, saya pun bersemangat untuk menjadi penulis resume yang pertama. Bisa, tidak ya? Emm pasti bisa. 


Terakhir untuk menutup materi yang luar biasa ini, ibu Maesaroh, M.Pd menutupnya dengan sebuah kalimat yang indah, “Jadilah manusia cerdas yang siap memberi perubahan.” 


Jadilah pemeran utama dalam dunia literasi_Marhani Kani


Tolitoli, 24 Januari 2022

Salam literasi.





 

18 komentar:

  1. Sama-sama. Sungguh sebuah kebahagian dikunjungi om Jay. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Terima kasih.
    Berusaha menampilkan yang terbaik.

    BalasHapus
  3. menarik bu tulisannya dan cara penyajiannya... lanjutkan!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Pak. Masih berusaha dan terus belajar menulis blog yang bagus dan menarik.

      Hapus
  4. Balasan
    1. Salam, Bu.

      Semoga kita semua diberi kesehatan dan terus semangat merangkai kata demi kata untuk memajukan literasi Indonesia.

      Hapus
  5. lanjutkan buun... semanaat literasi

    BalasHapus
  6. LANJUUUT SMANGAT....SUPAYA WOWWW

    BalasHapus
  7. Yuuuhuuuu cakep bunda...semangat ...salam literasi

    BalasHapus
  8. LUAR BIASA RESUMENYA, BAGUS RAPIH DAN LENGKAP.

    BalasHapus

Cantik Itu Perlu, Tapi Sehat Itu Penting dengan Glazed Skin B Erl

    Siapa sih yang tidak  menginginkan kulit cantik? Tentu saja, semua orang menginginkan kulit cantik, baik itu laki-laki maupun perempuan,...