Selasa, 08 Februari 2022

Yuk Belajar Mengaji!

 Yuk belajar membaca Al-Qur'an!



Tak terasa sebentar lagi tamu agung kita akan bertandang, semoga kita masih diberikan kesempatan untuk menyambutnya dan menjamunya. Siapakah tamu spesial itu? Tentu saja bulan Ramadhan. Nah, sebelum sang tamu agung tiba, yuk kita persiapkan diri kita. Salah satunya perbaiki bacaan Al-Qur'an  agar nanti kita bisa lancar membacanya. Karena satu huruf saja kita baca insyaAllah akan mendapatkan ganjaran pahala sepuluh kali lipat. MasyaAllah, kan?


Bagi yang sudah bisa membaca jangan berhenti untuk belajar, terus belajar. Bagi yang belum lancar atau belum bisa, jangan malu untuk belajar meski pun usia tak mudah lagi. Tak ada kata terlambat untuk belajar, bukan? Apa lagi masih muda. 


Saya ingat pengalaman saya dua tahun lalu, waktu itu saya baru hijrah ke Tolitoli, memang salah satu niat saya hijrah ke Tolitoli mau belajar lagi. Akhirnya saya mendaftar di salah satu rumah tahsin yang mengajarkan tahsin dan tajwid. Sebelum masuk program, bacaan saya diuji dan di luar dugaan ternyata bacaan saya sangat hancur.  Saya merasa malu pada diri sendiri. Sungguh saya pikir bacaan saya selama ini sudah benar, makharijul hurufnya sudah benar, tajwid sudah benar, astagfirullah PD banget diriku. Ya, soalnya sudah berguru ke sana kemari, guru-guru saya pun bukan orang sembarangan, saya bener-bener berguru pada ahlinya. Untuk semua itu saya bersyukur memiliki indo  (panggilan ibu dalam bahasa Bugis) yang sangat mendukung saya belajar, sampai-sampai memaksa saya belajar, bahkan saya dipaksa masuk ke ponpes demi belajar ngaji. Saya sempat nangis dan mengurung diri di kamar karena tidak mau masuk pesantren. Tapi indo tetap kekeh memaksa saya karena waktu itu indo maunya saya jadi seorang qari'ah, tapi akhirnya gagal karena tidak ada modal suara. Heheh... Alhamdulillah meski pun sekarang saya tidak bisa menjadi qariah indo tak masalah yang penting saya sudah bisa ngaji. Itu sudah lebih dari cukup.


"Ah, maafkan anakmu ini Bunda yang tak bisa mewujudkan mimpimu dan terima kasih telah memaksaku untuk terus belajar. Hingga rasa keterpakasaan itu menjadi rasa cinta."


Tolitoli, 08 Februari 2022

2 komentar:

  1. Maasyaa Alloh sungguh beruntung orang yg mau belajar AlQuran

    BalasHapus
  2. Benar, Bu. Semoga kita semua diliputi cahaya Al-Quran hingga menjadi syafaat di akhirat kelak. Aamiin

    BalasHapus

Cantik Itu Perlu, Tapi Sehat Itu Penting dengan Glazed Skin B Erl

    Siapa sih yang tidak  menginginkan kulit cantik? Tentu saja, semua orang menginginkan kulit cantik, baik itu laki-laki maupun perempuan,...